Minggu, 02 April 2017

Peraturan Robot Sumo RC (Update 3 April 2017)

Deskripsi
Peserta diharuskan untuk membangun sebuah mobile robot yang mampu mendorong lawannya dari lingkaran arena yang telah ditentukan dalam aturan kompetisi. Operator harus mengendalikan robot mereka melalui sebuah radio control (RC).  

Syarat dan ketentuan
1. Peserta Sumo Robot 3 kg adalah open category (umum)
2. Satu team terdiri dari 3 orang 1 orang atau lebih, operator boleh ganti orang. (edit)
3. Kuota maksimum adalah 24 team


SPESIFIKASI ROBOT 

  • Berat robot maksimal 3 kg.
  • Berat tidak melebihi 3 kg tidak termasuk konsol radio kontrol yang digunakan oleh operator. 
  • Tegangan Maksimal 12 Volt, toleransi 1 volt
  • Ukuran robot tidak melebihi 20 cm x 20 cm saat kondisi diam/ posisi awal. Tidak ada batasan tinggi dan robot dibolehkan mengalami perubahan bentuk dan ukuran setelah pertandingan dimulai.
1. Larangan dalam desain
   a. Tidak diperbolehkan mengganggu radio kontrol lawan dengan sengaja menempatkan perangkat jamming pada robot. 
   b. Robot tidak diperbolehkan dengan sengaja merusak arena. 
   c. Robot tidak diperbolehkan membuang cairan/bubuk/bahan lainnya ke robot lawan.
   d. Robot tidak diperbolehkan menggunakan perangkat yang mudah terbakar sebagai senjata. 
   e. Robot tidak boleh mencengkeram permukaan arena dengan menggunakan diafragma, suction cups, sticky treads , lem atau perangkat lain sejenisnya.
   f. Proyektil senjata/ gergaji/ pisau  dilarang .
2. Frekuensi Radio Control (RC)
   a. Frekuensi radio control tersebut dapat menggunakan FM 27 MHz,  atau 2.4 GHz Digital Spectrum Modulation ( DSM ) atau bluetooth.
   b. Peserta yang menggunakan 27 MHz FM harus mampu beroperasi di salah satu band frekuensinya. Peserta diperbolehkan mengganti sampai dua kali perubahan band frekuensinya dalam sebuah pertandingan. Jika robot gagal untuk melanjutkan setelah dilakukan perubahan band frekuensi 2 kali, maka robot harus keluar/gugur dari permainan. 
3. Pelabelan
   a. Semua robot harus diberi label dengan nama tim mereka di bagian depan robot dengan cara diketik menggunakan font arial minimum  ukuran 24. 
   b. Semua robot harus diberi label / sticker dengan tema batik. 
4. Pembersihan dari pecahan robot
Item/ spare part yang jatuh dari robot harus dibersihkan dari arena setelah selesai pertandingan.

Spesifikasi ring arena

1.         Dimensi dan Material
Ring arena terbuat dari papan multiplex/triplek
Diameter luar ring arena adalah 154 cm.
2.         Penandaan
Terdapat dua buah garis berwarna hitam (20 cm x 2 cm) di tengah ring arena dengan jarak antar garis 20cm. Garis tersebut menunjukkan posisi awal/start robot.


ATURAN PERTANDINGAN
1. Sistem Pertandingan
Sistem pertandingan berupa turnamen dengan membagi tim peserta ke dalam kelompok/ grup maksimal 4 robot. Satu babak terdiri dari 3 pertandingan. Setiap pertandingan akan berlangsung selama 2 menit. Satu poin diberikan untuk setiap pemenang pertandingan dan nilai nol diberikan untuk yang kalah/ draw. Jika permainan berakhir dengan tanpa pemenang, tes kekuatan oleh dua robot dilakukan di akhir pertandingan sebagai penentu pemenang babak tersebut.
2. Pemenang Pertandingan
Sebuah robot menang ketika seluruh robot dari robot lawan meninggalkan area dan juga sebuah robot dinyatakan kalah jika tidak bergerak sampai waktu habis.
3. Waktu Persiapan
Peserta akan diberikan waktu persiapan selama 1 menit sebelum memulai pertandingan. Maksimal dua anggota tim yang diperbolehkan untuk melakukan persiapan robot di area pertandingan di bawah pengawasan juri. Perbaikan atau penggantian spare part hanya dibolehkan untuk spare part yang identik/sama dan baterai.
4. Time Out
Setiap tim hanya akan diberikan waktu Time Out satu kali (1 menit) selama pertandingan satu babak (3 kali pertandingan).Time-out akan berlaku setelah pertandingan dan hanya untuk tim meminta. Perubahan/ penggantian baterai tidak diizinkan selama time-out.
5. Robot Handler/ Operator
Seorang peserta diperbolehkan untuk menangani hanya satu robot yang sama selama acara berlangsung. Handler dan robot akan diidentifikasi selama pendaftaran dan Karantina .
6. Karantina/ Caging

Sebelum dimulai pertandingan, robot harus diperiksa dan dikarantina setidaknya 1 jam sebelum pertandingan dimulai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar